Puji syukur
bagi ALLAH Swt, selalu memberikan pertolongan, melimpahkan rizky yang berkah
bagi kami. Sebagaimana dikisahkan dalam hadist, “Barang siapa yang
memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Alah akan memperhatikan
kepentingannya. Barangsiapa yang melapangkan suatu kesulitan sesama muslim,
maka Allah akan melapangkan satu kesulitan
dari beberapa kesulitan dihari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi kejelekan orang lain maka Allah akan menutupi kejelekannya dihari kiamat.(H.R Bukhari dan Muslim). Dari usaha kami kecil-kecilan dahulu di garasi rumah untuk mengembangkan modifikasi mesin hingga dipertemukan untuk ber-silaturahmi dengan bos-bos yang baik, mendukung kami untuk berkembang, pun hasilnya semoga istimewa dan membawa berkah bagi pemiliknya, memotivasi kami untuk terus berpikir dan belajar demi kemajuan bersama.
dari beberapa kesulitan dihari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi kejelekan orang lain maka Allah akan menutupi kejelekannya dihari kiamat.(H.R Bukhari dan Muslim). Dari usaha kami kecil-kecilan dahulu di garasi rumah untuk mengembangkan modifikasi mesin hingga dipertemukan untuk ber-silaturahmi dengan bos-bos yang baik, mendukung kami untuk berkembang, pun hasilnya semoga istimewa dan membawa berkah bagi pemiliknya, memotivasi kami untuk terus berpikir dan belajar demi kemajuan bersama.
4 tak – 4 tak
dan 4 tak… sepertinya sudah mendarah daging di jiwa kami, padahal bukan berarti
pula mesin 2tak itu menjadi anak tiri. Hanya saja kemampuan manusia pasti
terbatas, dan tak mungkin kita menggenggam seisi dunia. Namun karena banyaknya
anak muda yang lagi nge-trend modifikasi mesin Kawasaki Ninja 150 R, mau tak
mau begitu diberi kepercayaan korek mesin si Ninin maka kita juga harus wajib
belajar ilmu korek mesin Ninja. Kalau ada keberhasilan itu pastinya karena
kuasa Allah SWT yang memberi kemudahan, kelapangan ilmu, kalau ada kesalahan ya
itu karena kekurangan kita pastinya … maka maafkanlah kalau Inul goyang , lho?!
kok tembus Inul wkwkwkw… Intinya kita hanya ingin agar semuanya senang, dan
tetap pada prinsip bahwa modifikasi mesin itu harus menjadi dan bisa memberi
manfaat bagi banyak orang. Tapi 2 tak nya yang di modif kok cuma golongan para
raja (RX King) sama Ninja ya, bukannya pilih-pilih juga sih, masa temen-temen
nya pada main Super KIPS kita main Supercup kan ga update hehehe… #tepok jidat
papasan kop ninja
Apa sih bedanya? Kalau 2 tak ga ada noken as, per klep, klep, rantai
kamprat dan tetek bengek lain yang ribet di head dan kinerja mesin yang lebih
ringan, serta basic tenaga mesin 2 tak standar udah kencang, lantas apa
serunya?! Tantangannya adalah not to make a mistake in
choosing part or do tuning . Dalam 2 tak sedikit itu lebih baik
daripada berlebihan. Korekan yang kebablasan justru akan bikin power drop jauh
dari kondisi standar nya. Padahal tahu sendiri cylinder block ninja harganya
lumayan… Hihihi… So, disini kejelian assisten 2 tak kita , berkolaborasi
membentuk sebuah karya untuk mengisi catatan kecil kita.
bergaya dulu hehehe
Tujuan utama modifikasi adalah selalu untuk meningkatkan torque , sama aja dengan prinsip 4tak – caranya
dengan meningkatkan kompresi, karena disitu sumber tenaga berasal. Kop diusung
ke meja bubut dilakukan pemapasan kop sebanyak 0,8mm kemudian membentuk ulang
squish dengan kemiringan 13 derajat lebar squish 8mm. Mengapa tidak disamakan
dengan derajat piston yang berada di tirusan 12 derajat? Tentu agar kompresinya
tidak terlalu tinggi. Beda jika untuk spec semi balap , bisa dibikin 12
derajat, atau kalau mau untuk balap mungkin bisa dicoba squish kemiringan 11
derajat diatur sesuai kompresi yang diinginkan. Untuk head ninja jangan lupa
diberikan Nat 0,3 mm diameter squish 59mm. Soalnya ya bisa dilihat sendiri
clearance piston ninja tipis banget di bibir blok. Kalau mau coba ga make nat
trus seker nubruk kop dan stang kena ya monggo hihihi, tapi resiko ditanggung
pemirsa ya.
masih seputar porting ninja 2tak
Untuk
modifikasi area cylinder block kita menggoyangkan bor tuner ke lubang di dalam
blok, sasaran utama tentunya lubang exhaust. Di lebarkan jadi 40mm supaya
tenaga lebih merata besar nya di putaran atas, total tinggi porting exhaust
sampai TMA dibikin jadi 31mm ini sama aja memperlama durasi exhaust mengimbangi
kompresi yang naik dari papasan kop, lubang transfer bahan bakar ditinggikan
0,5mm rata. Sebenernya ini sih masih ilmu ATM (Amati , Tiru, Modifikasi
) dari ukuran blok cylinder PDK Gold hahaha… jadi Blok silver pun berasa jadi
Emas, ga usah perlu beli yang mahal-mahal, bismillah MURah MERiah kenCENG ^_^
Hasilnya alhamdulillah emang tenaga melonjak 30 % di putaran atas.
Petal membran
standar di lengserkan diganti type carbon, keuntungannya katup ini tidak mudah
retak atau pecah terkena tekanan silinder tinggi sehingga bisa di pastikan
motor ga akan ngacau atau susah untuk di hidupkan. Pengennya sih pasang Vforce
supaya kalo di 4tak itu kaya pasang head klep gede, tapi nge tes bahan carbon
fiber yang ringan dan lentur ini dulu aja lah biar tampak luar standar tapi
daya tahan tinggi.
Dynograph ninja standar turing 31dk
Kampas
kopling pakai punya yamaha Scorpio , pir kopling diganti merk TDR – Racing,
mengimbangi torsi dari karburator yang di reamer jadi venturi 30mm dengan
komposisi main jet basah tentu supaya putaran atas ngga gampang macet
pistonnya. Pilihan knalpot ngga’ pernah main-main , apalagi untuk mesin 2 tak.
WRX salah satu tuner knalpot ternama di Indonesia kita percaya untuk menjadi
pamungkas , karena sudah banyak terbukti di motor-motor korekan 4 tak kita baik
untuk harian, semi maupun full race. Toh hasilnya WRX sangat memuaskan, dari
segi suara , performa, maupun penampilan… josss!!!
Meski test rider kita sudah mencoba gigi 6 nya yang nembus 180 kpj on road tapi gas belum habis, Ngga asyik bila
hasil modifikasi tidak di nilai di atas meja dyno. Hasilnya Peak power didapat
31dk @ 10,500 rpm dari standar nya yang ada di 26 dk, dan power di 12,000 rpm
bertahan di 30,2 dk dari standarnya yang 23 dk. Disyukuri dahulu , karena
dengan ilmu syukur pasti nanti berdatangan ninja-ninja yang ingin dikorek lebih
gila lagi karena kami melihat masih banyak yang bisa di terapkan di mesin ini
meski dengan kapasitas mesin standar. Terpenting…
kalau buat balap kudu lebih detail nih
TETAP SEHAT
!! TETAP SEMANGAT !! BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TIAP HARI
RAT MOTORSPORT INDONESIA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar